11 Jajanan Jadul ini Bikin Kangen Jaman SD! (Part 2)


Selamat datang kembali! Sesuai janji di blog sebelumnya, sekarang aku bakal lanjutin nostalgia jajanan SD yang bikin kamu senyum-senyum sendiri ngingetnya.

1. Bretos

Sumber: https://elib.unikom.ac.id/

Buat yang SD nya taun 2000an harusnya tau jajanan ini, nih. Bretos adalah snack roti kering (sejenis bagelen) dengan selai keju. Snack ini mulai dijual di pasaran pada 2011 lalu. Konsepnya hampir mirip Nyam Nyam Olez; bedanya kalau ini berupa roti mini, sedangkan nyam nyam adalah biskuit rasa vanilla. Snack produksi Nabati ini cukup digandrungi anak-anak karena rasanya enak dan cara makannya yang seru. Kalau aku dulu krim kejunya diolesin diatas roti, baru dimakan deh. Bretos punya dua varian rasa: Keju dan Coklat. Semuanya enak! Rasa krim kejunya sama persis kaya Richeese Pasta Keju, kalau yang coklat kaya wafer Richoco. Udah bertahun-tahun nggak nemu jajanan ini, ternyata berhenti produksi. Wah, sayang sekali, ya.

2. Frutang

Sumber: https://www.bukalapak.com/p/food/minuman/

"Yang sana mau Frutang, yang sini mau Frutang, yang situ mau Frutang, semua mau Frutang, tang tang!" Ada yang masih inget sama jinglenya? Jinglenya bikin terngiang-ngiang di kepala, jadinya aku masih inget haha. Siapa sih yang gatau Frutang? Minuman jeruk ini dikemas dalam bentuk gelas plastik dengan harga satuan Rp500. Ini sih nggak cuma anak SD aja yang suka, tapi semua kalangan! Dulu kalau haus di siang bolong pasti yang pertama kali dilirik Frutang, apalagi kalau ada di kulkas. Auto dibeli deh! Tapi nggak tau kenapa sekarang Frutang udah susah dijumpai. Jadi kalau kangen Frutang, kamu bisa beli Ale-Ale rasa jeruk karena rasanya mirip, hihi.

3. Jelijus

Sumber: https://www.21food.com

Wah ini sih minuman langgananku waktu TK, tiap pulang sekolah pasti mampir ke warung buat beli Jelijus. Kayanya ini lebih hits buat anak 90an deh daripada 2000an, karena minuman ini udah belasan taun hilang dari pasaran. Lama banget, yaa. Aku bahkan sempet lupa nama minuman ini apa, begitu pula dengan rasanya. Kalau nggak salah Jelijus itu minuman jeli sejenis Okky Jelly Drink. Dari namanya juga udah keliatan sih ya, hahaha. Pengemasan minuman ini sama kaya Kiko, tapi bentuknya lebih gendut dan pendek, terus gabisa dipotek juga. Seingatku Jelijus punya tiga rasa; ada jeruk, stroberi, dan anggur. Favoritku yang stroberi, karna perpaduan manis dan asemnya bikin seger. Buat kamu yang pernah beli Jelijus, rasa favoritnya apa nih?

4. Permen Boogie

Sumber: https://m.facebook.com/Boogie

Siapa yang suka jajan permen? Favoritnya permen Boogie bukan? Jangan-jangan malah lupa sama permen ini, hihi. Permen Boogie adalah permen mint isi coklat, mirip banget permen Dynamite. Jadi kalau permen mintnya udah abis, bakal kerasa coklat yang meleleh dimulut. Pokonya ini permen kesukaanku banget waktu SD. Oh iya, permen Boogie ada dua varian rasa yaitu mint dan coklat. Kebetulan aku suka yang coklat karna biar dobel makan coklatnya. Permen ini hitsnya sekitar taun 2010an dan sekarang udah jarang keliatan di warung. 

5. Dancow Susu Sereal

Sumber: http://harrania.com

Ingatkah kamu kalau dulu Dancow punya varian susu sereal? Yups, Dancow Susu Sereal pertama kali diluncurkan sekitar tahun 2007 dan hanya ada satu varian rasa yaitu vanilla. Minuman ini mirip Energen, tapi rasanya pure susu bubuk Dancow vanilla. Saat Energen dijual rentengan, Dancow Sereal hanya tersedia dalam kemasan kardus yang berisi sekitar 3 sachet. Sebenernya minuman ini enak, tapi sayang usianya singkat banget. 

6. Trakinas

https://www.youtube.com/watch?v=ivhBSocvIQs

Terakhir, jajanan paling jadul dari semua yang udah kutulis. Ini dia, Trakinas! Waah ini juga harusnya anak 90an yang lebih tau. Trakinas itu biskuit sandwich dengan lapisan krim ditengahnya, kaya Oreo. Biskuit ini aslinya dari Portugis, lho. Khasnya Trakinas adalah bentuk smiley face yang tercetak di setiap kepingan biskuitnya. Ini dulu populer banget di kalangan anak-anak karena bentuknya yang unik dan rasanya dijamin enak. Ada dua rasa yang tersedia, yaitu biskuit vanilla dengan krim coklat dan biskuit coklat dengan krim vanilla. Variannya cuma dibalik aja, haha. Berdasarkan hasil telusuranku di Youtube, iklan biskuit ini ditayangkan pada 2002. Mungkin 'debutnya' di Indonesia nggak jauh dari itu ya. Trakinas sempet jadi temen ngemilku pas TK. Karna sekarang udah gaada, ganti ke Oreo deh.

Selesai deh nostalgia jajanan jadulnya. Kamu paling inget dan favorit yang mana? Boleh loh cerita-cerita di kolom komentar!

Referensi
http://harrania.com/2016/09/14/kenali-5-nutrisi-penting-apa-saja-untuk-kecerdasan-anak-anda/
https://m.facebook.com/Boogie-58274987240/
https://www.youtube.com/watch?v=ivhBSocvIQs
https://www.bukalapak.com/p/food/minuman/18imk8y-jual-minuman-frutang
https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/456/jbptunikompp-gdl-cicipratam-22765-7-unikom_c-i.pdf
https://www.21food.com/showroom/77210/productlist/list.html

Komentar

Postingan Populer